Promosi nggak harus Korelasi

"ini dia videonya.." dalam hati saya, ini bukan masalah adegan videonya yang memang kalau dilihat aduuuhhh... lumayan banget jungkir baliknya dan lagi telah saya olah. Yang terkesan bagi saya dari koleksi video dokumentasi anak saya ini adalah efek setelah anak saya mengikuti event promosi yang diadakan CartoonNetwork beberapa waktu lalu di parkir Senayan. CartoonNetwork yang produknya berupa filem-filem kartun untuk tayangan televisi memperkenalkan produknya kepada pangsa pasarnya tentu kepada anak-anak. Secara awam tentu saya akan berpikir disana akan ada pemutaran filem, atau boneka-boneka besar berwujud seperti difilem-filem kartunnya untuk foto bersama, atau operet-operet gitulah yang sering diadakan di mall-mall.

Sebelumnya saya tahu persis anak saya kalau nonton filem kartun tidak begitu fanatik, pas ceritanya seru ditonton kalau nggak ya pindah kesaluran lain cari kartun yang lain apalagi di indovision yang sangat memanjakan anak-anak dengan puluhan filem-filem kartun setiap jamnya, atau saya kepengen nonton, anak saya dengan senang hati mengalah dari filem kartun ke saluran filem kesukaan ayahnya.


Kembali ke laptop he..he.. maksudnya event promosi CartoonNetwork, dari stand ke stand masing-masing produk filemnya memang sudah tidak asing lagi dari Powerpuff Girls, Baby Looney Tunes, Tom and Jerry, Ben 10, dan sebagainya yang malah beberapa saya nggak begitu kenal dan familiar, habis hobbynya bukan nonton kartun siih..., Nnah dimasing-masing stand tersebut isinya lebih dominan permainan selunjuran atau lompat-lompatan di balon-balon raksasa berbagai model yang juga banyak dimall-mall tempat permainan anak-anak, tapi ini bentuknya lain dari yang di mall-mall.

Disalah satu stand “Ben 10” (baca: BenTeen) anak saya lebih menyukai permainan disini, ceritanya memanjat benteng rame-rame nanti siapa yang bisa bertahan kalau bentengnya rubuh, karena kebetulan anak saya sering berjaya dan kesannya dapat trik bagaimana untuk bertahan makanya dia lama main di stand ini dan dipermainan itu ditempeli gambar maskotnya Ben 10.

Setelah itu sepulang dari sana apa yang terjadi?, setiap jadwal filem kartun Ben 10 adalah miliknya nggak bisa diganggu, kalau jalan-jalan ke mall, mainan yang dipilih mainan Ben 10 (inget bacanya: BenTeen) pokoknya Ben 10, sekali Ben 10 - tetap ben 10... , saya pikir sukses banget, CartoonNetwork promosi Produknya.

Korelasi promosi Filem dengan memberikan permainan yang menarik dan tidak ada hubungan dengan cerita filem cuma ditempeli gambar Filem tersebut dapat menarik orang (salah satu korbannya anak saya) untuk menonton Filemnya, itu yang membuat saya geleng-geleng kepala / kagum kepada yang punya ide strategi promosi demikian. Faham yang mungkin dimiliki sebagian orang termasuk saya, promosi produk tentu yang berhubungan dengan produk yang akan dipromosi, misal promosi Filem ya promosi utamanya Filem diputar gratis, VCD/DVDnya discount, dsb.nya. Promosi produk makanan dengan memberi konsumen produk tsb. dengan cara mencoba dsb.nya dan tentu banyak contoh lain Faham promosi yang saya maksud.

Tentu saya akan geleng-geleng kepala lagi misalnya ada event Promosi komplek Perumahan yang siap huni tapi stand-standnya diisi dengan jualan baju-baju, hehehe....

Tidak ada komentar: